MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 2 (2017): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PENYIMPANGAN KAIDAH EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA YPPK YOANES XXIII MERAUKE

Lay Riwu (Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus)
Blandina Juniyanti Janjaan (Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penyimpangan kaidah ejaan bahasa Indonesia dalam karangan deskripsi siswa kelas XI IPS 1 SMA YPPK Yoanes XXIII Merauke. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah karangan deskripsi siswa kelas XI IPS 1SMA Yoanes XXIII Merauke. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposif technic sampling atau pengambilan sampel dengan tujuan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam karangan deskripsi siswa kelas XI IPS 1 SMA Yoanes XXIII Merauke terdapat penyimpangan kaidah ejaan bahasa Indonesia sebanyak 3 jenis kesalahan,yaitu penggunaan huruf sebanyak 36 kesalahan,penulisan kata sebanyak 23 kesalahan, dan penggunaan tanda baca sebanyak 6 kesalahan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

magistra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Musamus menerima artikel hasil hasil penelitian di bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang meliputi bidang pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi, pendidikan bahasa ...