Komunikasi terapeutik adalah untuk membantu klien beradaptasi terhadap stress, mengatasi gangguan patologis dan belajar bagaimana berhubungan dengan orang. Kepuasan pasien adalah merupakan nilai subyektif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan, tapi walaupun subyektif tetap ada dasar obyektifnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Interna Rumah Sakit Pancaran Kasih Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan crosssectional study. Populasi pada penelitian ini yaitu yaitu jumlah pasien yang dirawat di ruang interna Rumah Sakit Pancaran Kasih Manado berjumlah 75 orang, yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 responden. Data dianalisa dengan menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Interna Rumah Sakit Pancaran Kasih.
Copyrights © 2016