Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep menghitung luas permukaan balok dengan metode inkuiri pada siswa kelas Va SDN 1 Bakung Teluk Betung Barat kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Terkait dengan hasil belajar yang dicapai, dilakukan analisis terhadap skor yang mengukur peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari siklus penelitian tidakan kelas pada proses pembelajaran Matematika yang pada awalnya kurang mendapat perhatian yang baik dari siswa sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran Matematika mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hal ini nampak dari keaktifan siswa yang meningkat serta hasil belajar yang meningkat pula. Ini merupakan sesuatu prestasi yang sangat baik dan menggembirakan. Metode inkuiri terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menghitung luas permukaan bangun ruang khususnya pada bangun balok terbukti dengan terjadinya peningkatan secara signifikan hasil belajar yang ditunjukkan adanya peningkatan pemahaman materi yakni yang mendapat nilai 70 ke atas pada siklus I sebesar 35 % menjadi 55% pada siklus II dan meningkat menjadi 72,55 pada siklus III. Hal ini menujukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut telah mencapai target rata-rata di atas 72,5%.
Copyrights © 2018