Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad
Vol 3, No 1 (2018): Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian

PREFERENSI KONSUMEN GULA KELAPA DI PASAR GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Azkia Nurhadi (Unknown)
Agus Setiadi (Unknown)
Hery Setiyawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen mengenai gula kelapa yang beredar di pasaran saat ini. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Desember 2017 di Pasar Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung konsumen gula kelapa yang ada di Pasar Godean dengan bantuan kuisioner yang telah disusun sebelumnya. Lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang konsumen gula kelapa. Responden ditentukan dengan metode accidental sampling.  Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara langsung kepada konsumen gula kelapa, sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber pustaka yang berkaitan dengan penelitian ini. Data yang telah diperoleh dari wawancara kemudian dilakukan analisis conjoint. Metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi komputer SPSS.Hasil dari penelitian ini yaitu karakteristik konsumen gula kelapa yang ada di Pasar Godean diketahui bahwa 94% adalah perempuan dengan jumlah anggota keluarga antara 2-6 orang. Sebagian besar konsumen gula kelapa di Pasar Godan adalah golongan pendapatan menengah dengan jumlah konsumgi mayoritas antara 1->2,5 kg/bulan/rumah tangga. Prrferensi konsumen gula kelapa di Pasar Godean, Preferensi kombinasi atribut gula kelapa berdasarkan urutan kepentingan relatif yang paling diprioritaskan oleh konsumen berturut-turut dalam membeli gula kelapa adalah berwarna coklat kehitaman, berukuran sedang, dan berbentuk tempurung kelapa. Kata Kunci: Gula Kelapa, Preferensi Konsumen, Pasar. ABSTRACTThe purpose of this research is to know consumer preferences about palm sugar circulating in the market today. The research was conducted in December 2017 in Godean Market, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. The method used in this research is survey. The data was collected by direct interviews of consumers of coconut sugar in the Godean Market use questionnaire. The location of research is determined by purposive method. Respondents in this research amounted to 100 consumers of palm sugar. Primary data was obtained from direct interviews to consumers of palm sugar, while secondary data was obtained from literature sources related to this research. The data obtained from the interview is then done conjoint analysis. Data processing method is done by using SPSS computer application. The results of this research are the characteristics of consumers of coconut sugar in Godean Market known that 94% are women with the number of family members between 2-6 people. Most of the consumers of palm sugar in Godan market are middle income group with the majority of consume between   1-> 2.5 kg / month / household. palm sugar consumers' preferences in Godean Market, the preference for the combination of palm sugar attributes based on the order of relative importance most prioritized by consumers in consecutively buying coconut sugar is blackish brown, medium size, and shaped coconut shell. Keywords: Palm Sugar, Consumer Preference, Market

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

agricore

Publisher

Subject

Description

Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Padjadjaran. Diterbitkan Atas Kerjasama Program Studi Agribisnis dan Departemen Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Unpad Dengan PERHEPI Komisariat Bandung ...