Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 5, No 2 (2018): Bhineka Tunggal Ika : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

PENGARUH MANAJEMEN WAKTU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI di SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA

shinta pratiwi (FKIP Universitas Sriwijaya)
Emil El Faisal (FKIP Unsri)
sri artati waluyati (FKIP Unsri)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2019

Abstract

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah. Salah satunya adalah manajemen waktu belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian expost-facto, dimana populasi siswa yang diteliti berjumlah 286 siswa dan sampel yang diambil berjumlah 155 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling puposive, yaitu kelas yang memiliki hasil belajar tertinggi berjumlah 155 siswa dari kelas XI. IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, dan XI. IPS 1. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi dan angket lalu data dianalisis dengan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis rata-rata persentase manajemen waktu belajar sebesar 86,05% dengan kategori sangat tinggi baik. Hasil menunjukan nilai signifikan sebesar 0,000 (? < 0,05). Dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan H? dapat diterima artinya terdapat pengaruh manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Didapatkan nilai R Square sebesar 0,423 yang berarti bahwa variabel pengaruh manajemen waktu belajar tersebut sebesar 42,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Raja.Kata Kunci : Manajemen Waktu Belajar, Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...