Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2019): Februari 2019

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Strategi Think Aloud Pair Problem Solving Berbantuan Geogebra di Kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh

Putri Adi Lestari (Syiah Kuala University)
Cut Morina Zubainur (Syiah Kuala University)
Suhartati Suhartati (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2019

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis mengakibatkan siswa sulit memahami dan mengkomunikasikan ide matematis terkait gambar, notasi, dan rumus matematika dengan baik. Kegiatan pembelajaran prosedural yang biasa dilaksanakan di sekolah kurang mampu mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Alternatif pembelajaran yang diharapkan dapat membantu mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah strategi Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa setelah belajar dengan strategi TAPPS berbantuan Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas VIII/4 MTsN 4 Banda Aceh yang terdiri dari 29 siswa. Data kemampuan komunikasi matematis diperoleh melalui tes tulis dan wawancara. Data yang terkumpul selanjutnya dianalis melalui tahapan pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa telah memiliki indikator kemampuan komunikasi matematis yang cukup baik, dengan rincian dari 29 siswa 8 di antarnya berhasil menguasai seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis, 14 siswa menguasai dua indikator, dan 7 siswa menguasai satu indikator. Indikator drawing berhasil dikuasai oleh seluruh siswa, indikator written text berhasil dikuasai oleh 19 siswa, dan indikator mathematical expression dikuasai oleh 11 siswa serta menjadi indikator yang paling sedikit dikuasai siswa. Kata Kunci:     Kemampuan komunikasi matematis, strategi TAPPS, Geogebra.

Copyrights © 2019