Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 4 No 2 (2019): Volume 4 No.2 Tahun 2019

Peningkatan Kemampuan Menerapkan Hukum Newton Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Mlarak

Tri Puji Atmoko (SMP Negeri 1 Mlarak Kabupaten Ponorogo)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2019

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam khususnya pada kompetensi dasar Menerapkan Hukum Newton Untuk Menjelaskan Berbagai Peristiwa dalam Kehidupan Sehari-hari sangat rendah, yakni 50,00% dari jumlah siswa memiliki nilai di bawah standar ketuntasan dengan nilai rerata yang dicapai 59,38. Hal semacam ini jika dibiarkan, maka akan membawa dampak yang fatal. Peneliti menganggap masalah tersebut merupakan sesuatu yang urgen. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Examples Non Examples. Apabila guru menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa memahami konsep Menerapkan Hukum Newton Untuk Menjelaskan Berbagai Peristiwa dalam Kehidupan Sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2x45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Menerapkan Hukum Newton Untuk Menjelaskan Berbagai Peristiwa dalam Kehidupan Sehari-hari melalui metode Examples Non Examples pada siswa Kelas VIII E, SMP Negeri 1 Mlarak Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Peranan Model Pembelajaran Examples Non Examples dalam meningkatkan kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 71,25; siklus II 76,25; dan siklus III 78,03. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan prosentasi ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 64,28%, siklus II 75,00%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 96,42%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...