Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 4 No 2 (2019): Volume 4 No.2 Tahun 2019

Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Kondisi Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Pembelajaran Gallery Of Learning Siswa Kelas III/B SLB Negeri Banyuates Kabupaten Sampang

Endah Kartiningsih (SLB Negeri Banyuates Kabupaten Sampang)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2019

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam khususnya pada kompetensi dasar Mendeskripsikan kondisi lingkungan sangat rendah, yakni 50,00% dari jumlah siswa memiliki nilai di bawah standar ketuntasan dengan nilai rerata yang dicapai 55,00. Hal semacam ini jika dibiarkan, maka akan membawa dampak yang fatal. Peneliti menganggap masalah tersebut merupakan sesuatu yang urgen. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Gallery of Learning. Apabila guru menerapkan model pembelajaran Gallery of Learning diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa memahami konsep Mendeskripsikan kondisi lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mendeskripsikan kondisi lingkungan melalui metode Gallery of Learning pada siswa Kelas III/B SLB Negeri Banyuates Kabupaten Sampang Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Peranan Model Pembelajaran Gallery of Learning dalam meningkatkan kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam materi ajar Mendeskripsikan kondisi lingkungan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 70,00; siklus II 75,00; dan siklus III 81,25. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu pada siklus I hanya 50,00%, siklus II meningkat menjadi 75,00%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...