Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC
Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC

Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation Pada Prediksi Penerimaan Kredit Nasabah (Studi Kasus Bank BPR Bangkalan)

Yusuf Wira Nugraga (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2019

Abstract

Bank Perkreditan Rakyat merupakan salah satu bank yang bergerak di bidang peminjaman kredit. Tentunya penentuan penerimaan nasabah merupakan permasalahan yang cukup rumit, karena itu sistem prediksi penerimaaan kredit nasabah jual dibuat. Prediksi penerimaan kredit nasabah yang akan dibuat menggunakan Jaringan syaraf tiruan metode Backpropagation. Dengan metode ini, jaringan-jaringan dapat dilatih pertama dengan menggunakan kriteria penentu, kemudian menggolongkannya dan menyesuaikan bobot penghubung dalam jaringan sebagai input baru sehingga dapat menentukan penerimaan kredit nasabah.Aplikasi sistem prediksi dengan jaringan syaraf tiruan dapat dijadikan solusi untuk menentukan penerimaan kredit nasabah. Nilai konfigurasi parameter untuk sistem prediksi yang didapat dari hasil percobaan menghasilkan konfigurasi parameter untuk prediksi dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan terbaik dari hasil uji coba untuk nasabah yang didapat dari hasil percobaan menghasilkan  learning rate sebesar 0.07, toleransi error 0.001, maksimal epoch 1000 dan hidden layer 10. Parameter tersebut dipilih karena menghasilkan jumlah iterasi yang memiliki nilai akurasi error yang cukup baik saat sistem melakukan pengujian yaitu sebesar  0.002%.Kata kunci: Prediksi, Backpropagation, Jaringan Syaraf Tiruan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

triac

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

Jurnal Triac merupakan Jurnal Ilmiah di bawah naungan Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal TRIAC diterbitkan pertama kali pada bulan desember 2014, dan diterbitkan dua kali dalam setahun. Jurnal Triacs berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi ...