Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPA siswa melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMP Negeri 1 Karangkobar kelas VIID semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus (13,02), siklus I (17,09), dan siklus II (20,02). Sedangkan hasil rata-rata prestasi belajar pada prasiklus meningkat dari pra siklus (62,90), siklus I (77,47), dan siklus II (80,06). Dengan demikian, pembelajaran sudah mencapai batas tuntas mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Base Learning (PBL) berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPA siswa.
Copyrights © 2019