Jurnal Pendidikan Nonformal
Vol 14, No 1 (2019): Maret 2019

PENGARUH KOMPETENSI FASILITATOR DAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN KELUARGA SEHAT

Yunia Saputri (Universitas Negeri Malang)
Lasi Purwito (Universitas Negeri Malang)
Edi Widianto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2019

Abstract

Abstrack: The objectives of the study were: (1) to determine the effect of facilitator competency on the learning outcomes of healthy family training participants, (2) to determine the effect of learning motivation on learning outcomes of healthy family trainees, (3) to determine the effect of facilitator competence and learning motivation on participants' learning outcomes healthy family training. The results showed that the Facilitator Competence had a significance value (Sig.) 0.044 in the Coefficientsa table with a value of α (degree of significance) 0.05 meaning 0.044 <0.05 or there was a significant effect and the t test showed 2.112> ttable (2.052). This means that Facilitator Competence has a significant effect on learning outcomes, and Learning Motivation has a significance value (Sig.) 0.009 in the Coefficientsa table with a value of α (degree of significance) 0.05 meaning 0.009 <0.05 or there is a significant effect of the t test showing 2.817> ttable (2.052) This means that Learning Motivation has a significant effect on Learning Outcomes. Thus simultaneously the Competency variables of the Facilitator and Learning Motivation variables have a positive and significant influence on Learning Outcomes.Abstrak: Tujuan penelitian: (1) untuk mengetahui pengaruh kompetensi fasilitator terhadap hasil belajar peserta pelatihan keluarga sehat, (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta pelatihan keluarga sehat, (3) untuk mengetahui pengaruh kompetensi fasilitator dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta pelatihan keluarga sehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Fasilitator memiliki nilai signifikansi (Sig.) 0.044 pada tabel Coefficientsa dengan nilai α (derajat signifikansi) 0.05 artinya 0.044<0.05 atau terdapat pengaruh yang signifikan dan uji t menunjukkan 2.112> ttabel (2.052). Artinya Kompetensi Fasilitator berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dan pada Motivasi Belajar memiliki nilai signifikansi (Sig.) 0.009 pada tabel Coefficientsa dengan nilai α (derajat signifikansi) 0.05 artinya 0.009<0.05 atau terdapat pengaruh yang signifikan dari uji t menunjukkan 2.817> ttabel (2.052). Artinya Motivasi Belajar berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar. Dengan demikian secara simultan variabel Kompetensi Fasilitator dan variabel Motivasi Belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar.

Copyrights © 2019