Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKAGURU SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Dwi Juniati, Salisa Farihani, Agung Lukito, (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2019

Abstract

Penelitian yang berjenis deskriptif-eksploratif dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan metode wawancara dan tes tulis dalam mengumpulkan data. Subjek yang dipilih sebayak dua orang, yaitu guru laki-laki Sekolah Dasar dan guru perempuan Sekolah Dasar. Dimana, dalam memilih subjek tersebut diberlakukan tiga batasan yaitu guru kelas VI, memiliki masa kerja yang sama atau setidaknya memiliki selisih kurang dari dua tahun, dan memiliki kemampuan matematika sama (dengan perbedaan maksimal 10 dari skor total).Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa subjek laki-laki dalam menyelesaikan masalah bilangan memahami dengan cara mengakses informasi dengan membaca lebih dari satu kali, setelah itu subjek mengidentifikasi informasi-informasi penting yang harus dicari terlebih dahulu. Pada saat menyusun rencana penyelesaian, subjek fokus untuk menemukan langkah awal dalam menyelesaikan masalah, berusaha mencari informasi penting yang belum diketahui sebelum menyelesaikan masalah, dan menuliskan langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah.  Selanjutnya, subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana penyelesaian dan yakin bahwa langkah penyelesaian yang diambil benar, pada saat menyelesaikan masalah, setelah menyelesaikan satu langkah, subjek menghitung langsung hasil yang diperoleh dan yakin hasilnya benar dan tidak akan memperoleh hasil yang berbeda. Sedangkan dalam memecahkan masalah geometri dengan cara mengakses informasi dengan membaca lebih dari satu kali dan berusaha memahami bentuk bangun pada gambar. Pada saat menyusun rencana penyelesaian, subjek mencari bagaimana cara menentukan luas bangun keseluruhan dengan menggunakan rumus-rumus yang sesuai serta menuliskan langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah.  Selanjutnya, subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana penyelesaian dan yakin bahwa langkah penyelesaian yang diambil benar, pada saat menyelesaikan masalah dan menyelesaikan satu langkah, subjek menghitung langsung hasil yang diperoleh dan yakin hasilnya benar dan tidak akan memperoleh hasil yang berbeda.Kata kunci : Pemecahan Masalah Matematika, Guru Sekolah Dasar, Gender.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...