Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 3, No 1 (2019)

Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi Melalui Penerapan Metode Team Assisted Individualization Pada Siswa SMA Muhammadiyah 2 Cepu Kabupaten Blora

Ani Widiastuti (SMA Muhamadiyah 2 Cepu Kabupaten Blora)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis eksposisi, dan (2) meningkatkan keterampilan menulis eksposisi siswa melalui penerapan metode Team Assisted Individualization pada siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 2 Cepu Kabupaten Blora. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, pemberian tugas, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Pelaksanaan penelitian dimulai dari survei awal, siklus I sampai siklus III. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis eksposisi dan meningkatkan keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 2 Cepu Kabupaten Blora. Pada Prasiklus 12 % yang tuntas. Siklus I keterampilan menulis eksposisi mencapai 38,46% , Siklus II mencapai 69% dan siklus III mencapai 81%.

Copyrights © 2019