Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 72, No 1 (2019): JULI

PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsumen Kantin Akademik Halalan Thoyyiban Universitas Brawijaya Malang)

Zulina Munawaroh (Unknown)
Achmad Fauzi Dh (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2019

Abstract

This research to explain the influence of Halal Labeling and Puchasing Decision through variabel Halal Essence (X1), Halal Obtained (X2), Halal Processed (X3), and Halal in Storage (X4) simultaneously and partial of Purchase Decision (Y) on the Consumer of Halalan Thoyyiban Canteen University Brawijaya Malang. This reseach used he Explanatory Research method by implamanting of Non-Probability Sampling. That data collection was carried out using a questionnaire distributed to 116 people Customer Halalan Thoyyiban Canteen University Brawijaya Malang. Data analysis in this study uses descriptive analysis, classic assumption test, and multiple linear regression analysis supported by SPSS 25 program. The results of this study indicate that the independent of variable Halal Labeling is Halal Essence, Halal Obtained, Halal Processed, and Halal in Storage have simultaneous significant influence on Purchasing Decisions. Besides that the Halal Essence variable, Halal Obtained , Halal Processed, and Halal in Storage have a partially significant influence on Purchasing Decisions. KEYWORDS : Halal Labeling, Purchasing Decisions АBSTRАK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian melalui Variabel Halal Dzat (X1), Halal Memerolehnya (X2), Halal Memrosesnya (X3), dan Halal dalam Penyimpanan (X4) secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Konsumen Kantin Halalan Thoyyiban Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini mengunakan metode Explanatory Reseach, dengan menggunakan teknik Non-Probabylity Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 116 orang konsemen Kantin Halalan Thoyyiban Universitas Brawijaya Malang. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dengan dibantu program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas dalam Labelisasi Halal yaitu Halal Dzatnya, Halal Memerolehnya, Halal Memrosesnya, dan Halal dalam Penyimpanan memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu variabel Halal Dzatnya, Halal Memerolehnya, Halal Memrosesnya, dan Halal dalam Penyimpanan memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. KATA KUNCI : Labelisasi Halal, Keputusan Pembelian  

Copyrights © 2019