Jurnal Administrasi dan Manajemen
Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen

Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Industri Makanan Di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur

Yulita Nurhartani (Universitas Respati Indonesia)
Eros Rosmiati (Universitas Respati Indonesia)
Maya Sova (Universitas Respati Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

Kewirausahaan (entrepreneurship) di Indonesia berperan penting dalam perekonomian Nasional. Khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terbukti telah memberi peluang kerja bagi masyarakat di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun Perkembangan ini belum dibarengi kinerja maksimal UMKM, karena kendala: orientasi pasar yang konvensional, dan kurangnya orientasi kewirausahaan, karenanya dibuat penelitian berjudul Pengaruh  orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM, pada industri makanan di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur?. Dengan tujuan Untuk Mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara simultan terhadap kinerja UMKM, menggunakan rancangan penelitian survey, observasi, teknik purposive sampling, data primer, data sekunder,  skala likert, uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi linear berganda, program SPSS, kuesioner dan sampel 100 responden. Hasilnya:  Orientasi Pasar berpengaruh sig. terhadap kinerja UMKM, (nilai sig. 0,019 < 0,05 dan nilai thitung2,387 > 1,988) dimana Ho ditolak dan H1 diterima, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh sig. terhadap kinerja UMKM. dari nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung5,244 > 1,988, Ho ditolak dan H2 diterima. Maka Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja UMKM. dari nilai Fhitung > Ftabel (51,612 > 3,09). Dimana Ho ditolak dan H3 diterima. Diharapkan penelitian ini, dapat sebagai rekomendasi strategi peningkatan kinerja di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. disarankan:  pelaku UMKM agar menerapkan SOP yang jelas, berorientasi pasar, serta menguasai pasar melalui survey, riset,  dengan gagasan baru dalam : produk, iklan, pameran. Sehingga pemasaran produk dapat menjangkau  wilayah didalam maupun diluar kecamatan Cipayung Kata kunci : orientasi pasar, orientasi kewirausahaan , kinerja

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

administrasimanajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and ...