ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2018)

Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi SISWA SMP

Kadarisma, Gida (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Kemampuan komunikasi matematik sangat penting dimiliki oleh siswa, namun pada kenyataannya berdasarkan penelitian kemampuan komunikasi matematik siswa masih tergolong rendah, Oleh karena itu perlu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan komunikasi siswa yaitu pendekatan Open-ended. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang pembelajaranya menggunakan open-ended lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas di salah satu sekolah SMP kota Bandung. Instrumen dalam penelitian ini sebanyak 4 soal uraian  komunikasi, data diolah menggunakan SPSS 21, pengolahan data gain dimulai dari menghitung gain ternormalisasi kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rerata. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan open-ended lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan konvensional. Dengan demikian pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

anargya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are ...