JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 1 No. 01 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GUGURITAN MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 5 SUBANG

UNEH MARYATI (SMPN 5 Subang)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2018

Abstract

Penelitian dirancang dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang mengacu kepada menurut model Kemis and Taggart, berupa rangkaian kegiatan berkesinambungan, perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ditetapkan siswa kelas VIII-A SMP Negeri 5 Subang sebanyak 27 siswa, terdiri dari 25 perempuan dan 2 laki-laki. Teknik pengumpulan data digunakan lembar tes, lembar observasi dan angket. didesain ke dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Dan instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah angket dan penilaian tes hasil belajar. Hasil pengamatan dan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) pada siklus I Jumlah siswa yang tuntas ada 12 siswa (44,44 %). Dengan nilai rata-rata siswa yaitu 68,88. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 73,33, dengan ketuntasan siswa sebesar 66,67 %. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 80,92, dengan ketuntasan siswa sebesar 88,9 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi guguritan di kelas VIII-A SMP Negeri 5 Subang. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini, perlu dikemukakan beberapa saran sebagai berikut : (a) dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada materi lainnya, penerapan strategi pembelajaran kterampilan dengan metode demonstrasi perlu dilanjutkan, disosialisasikan, namun penerapannya harus disesuaikan dengan topik pelajaran tertentu, artinya tidak semua topik pembelajaran harus diterapkan dengan menggunakan penerapan metode demonstrasi, (b) pemahaman yang dimiliki oleh siswa sangat bervariasi, begitu pula tingkat motivasi dan keinginan belajar yang dimilikinya. Kondisi ini hendaknya diketahui oleh guru secara cermat dan cepat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...