JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI BERDIRINYA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD

MIMIN KARTINI (SDN. Mekarsari Kec. Serangpanjang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Berdirinya Negara RI melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperative Learning Type STAD pada siswa kelas V SD Negeri Mekarsari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 18 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,33 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 82,22. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,89 (20,33%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperative Learning Type STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mekarsari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Berdirinya Negara RI.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...