Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur´an dan Tafsir
Vol 3, No 2 (2018)

KONSEP DAN METODE TAFSIR TEMATIK (STUDI KOMPARASI ANTARA AL-KUMI DAN MUSHTHOFA MUSLIM)

Miftah Khilmi Hidayatulloh (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Kampus 4, Jl. Ringroad Selatan, Banguntapan, Bantul, DIY)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2019

Abstract

Tafsir tematik tumbuh seiring perkembangan pemikiran dan pemahaman terhadap Alquran. Terutama bagaimana memunculkan penafsiran Alquran yang relevan menghadapi realita-realita sosial  yang terus bermunculan. Al-Kumi dan Mushthafa Muslim adalah dua di antara para ahli yang mengembangkan metode ini. Peneliti akan membedah konsep dan metode tafsir tematik perspektif keduanya sehingga ditemukan titik persamaan dan perbedaannya. Penelitian ini merupakan riset literatur terhadap buku metodologi tafsir tematik yang ditulis oleh kedua penafsir tersebut.Studi komparatif dilakukan untuk mengungkap persamaan dan perbedaan antara keduanya. Peneliti mengungkap bahwa dua tokoh tersebut memiliki jalur pemikiran yang sama. Satu di antaranya menstrukturisasi ilmu ini dan yang lainnya mengembangkan menjadi lebih sempurna.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Al-Bayan

Publisher

Subject

Religion

Description

Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir [2528-1054] is peer-reviewed journal dedicated to publish the scholarly study of Qur’an from many different perspectives. Particular attention is paid to the works dealing with: Qur’anic Studies, Qur’anic sciences, Living Qur'an, Qur’anic Stuides ...