JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting
Vol 1, No 2 (2018): September 2018

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN SIAP SAJI DI BFC BELOPA

Rudianto Rudianto (Unanda)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan siap saji dan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian makanan siap saji di BFC Belopa. Dengan mengunakan metode kuisioner sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling insidental, yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan dimana sampel ditemui itu cocok sebagai sumber data. Alat analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan skala likert. Untuk pertanyaan yang digunakan mengukur suatu variabel, skor masing-masing item dikorelasikan dengan total skor item dalam suatu variabel. jika skor item tersebut berkorelasi positif dengan total skor item dan lebih tinggi dari pada interkorelasi antar item, maka menunjukkan kevalidan dari instrumen tersebut. Menghitung nilai korelasi antara data pada masing-masing pernyataan dengan skor total memakai rumus korelasi product moment. Uji validitas pada kuesioner dilakukan dengan menggunakan software dengan teknik pengujian yang digunakan yaitu bivariate pearson/ Produk Momen Pearson dan hasilnya akan dibandingkan dengan nilai r tabel yaitu 0,263 untuk taraf kesalahan 5%. Uji reliabilitas pada kuesioner dapat dilakukan dengan menggunakan perhitungan metode Alpha Cronbach (Umar, 2004). Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independent atau bebas yaitu budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3), dan psikologis (X4) terhadap keputusan pembelian (Y). Secara umum hasil penelitian ini menemukan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan siap saji di BFC Belopa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung (17.081) > Ftabel (2.64) dan nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,000 < 0,05. Maka Hipotesis 1 diterima. Diantara faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian makanan siap saji di BFC Belopa yaitu variabel psikologis. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Thitung (4,952) > Ttabel (1,689).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jemma

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal ini memiliki tujuan untuk meneliti pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan serta dampaknya pada kinerja karyawan di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. ...