Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi
Vol 6, No 2: Agustus 2017

Penerapan Teorema Bayes Dalam Sistem Pakar Untuk Konsultasi Siswa Bermasalah

Bahar Bahar (STMIK Banjarbaru)
Depy Wahyu Pratama (STMIK Banjarbaru)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2018

Abstract

AbstrakBimbingan Konseling (BK) merupakan mata pelajaran yang menunjang tujuan dan proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga ke sekolah menengah. Terutama siswa-siswi SMK yang memasuki fase masa remaja yang sering kali memiliki banyak masalah disekolah yang harus di tindak lanjuti oleh guru bk untuk diberikan suatu arahan terhadap masalah yang dihadapi, tetapi terlepas dengan itu semua guru bk seringkali tidak ada di sekolah sehingga bimbingan harus digantikan oleh guru pendamping bk yang masih kurang pengalaman dalam mengatasi siswa bermasalah karena seringkali berbeda pendapat oleh guru bk.Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu sistem pakar yang dapat membantu guru pendamping bk dalam memberikan konsultasi terhadap siswa bermasalah dengan menggunakan metode teoroma bayes. Teorema bayes dapat digunakan untuk menghitung probabilitas dari berbagai gejala-gejala yang akan dipilih guru pendamping BK dan memiliki tingkat akurat yang tinggi dalam keberhasilan konseling penanganan. Aplikasi ini nantinya akan menghasilkan output berupa permasalahan, informasi masalah, saran atau konseling penanganan yang mana dapat digunakan guru pendaming bk untuk mengatasi masalah yang dihadapi para siswa.Dari hasil perbandingan data pretest dan posttest maka didapat persentase kemampuan metode untuk hasil ketidaksesuaian data sebelum menggunakan aplikasi yait sebesar 15% dan kesesuaian data sesudah menggunakan aplikasi yaitu sebesar 100%.Kata Kunci : Sistem Pakar, Konsultasi Siswa Bermasalah, Pakar Metode Bayes.  AbstractCounseling (BK) is a subject that supporting the goals and processes of learning in any educational institution, ranging from elementary school to middle school. Especially vocational students who entered a phase of adolescence that often have many problems in schools which should be followed up by teachers bk to be given a referral to the problems encountered, but apart with it all teachers bk often not in school so that the guidance should be replaced by bk accompanying teachers who still lack experience in dealing with troubled students because teachers often differ by bk.For this study aims to devise an expert system that can help the teacher assistant bk in advising troubled students using Bayes teoroma. Teorema Bayes can be used to calculate the probability of a variety of symptoms that would have teacher assistant bk and has a high accurate rate in the successful management counseling. This application will generate output issues, information issues, advice or counseling treatment which can be used by teachers pendaming bk to address the problems faced by the students.Of the comparison of pretest and posttest data is then obtained a percentage of the ability of a method to the results of data discrepancies before using the app yait by 15% and the suitability of the data after using the application in the amount of 100%.Keywords: Expert System, Consultation Troubled Students, Experts Bayes Method.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jutisi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi adalah Jurnal Ilmiah bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang diterbitkan secara periodik tiga nomor dalam satu tahun, yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember. Redaksi Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem ...