Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 2, No 1 (2013)

ONLINE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BERBAHASA INGGRIS PADA PERKULIAHAN BILINGUAL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA RKBI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Sri Mertasari, Ni Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2013

Abstract

Portal web dengan fasilitas online problem posing telah dicoba dikembangkan dan dipasang pada situs web Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.  Proses ini memberikan beberapa pengalaman kepada para mahasiswa. Pertama, program memberikan pengalaman menjelajahi internet kepada mahasiswa. Kedua program memberi pengalaman mendesain informasi berbasis hiperteks kepada mahasiswa. Ketiga, program memberikan keuntungan yang dimiliki pembelajaran berbasis komputer, seperti bebas konteks, bebas konvensi sosial, tidak terlalu terikat waktu, dan mampu beradaptasi dengan kemampuan mahasiswa secara individu. Media tersebut telah diujicoba untuk diterapkan secara terbatas pada perkuliahan bilingual mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika RKBI. Ditemukan sementara bahwa, mahasiswa memberikan respon positif terhadap perkuliahan melalui portal web dengan online problem posing. Mahasiswa lebih termotivasi untuk melakukan problem posing dengan lugas tanpa takut salah dan berupaya memberikan tanggapan terhadap pendapat temannya dengan pengetahuan dan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...