PSIKOVIDYA
Vol 22 No 1 (2018)

Hubungan Soft Skills dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa

Azis Abdullah (Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang)
Rachmawati Widyantoro (Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara soft skill dengan prokrastinasi akademik. Memahami soft skill seseorang adalah keterampilan dalam berurusan dengan orang lain (keterampilan interpersonal) dan keterampilan pengaturan diri (keterampilan interpersonal) yang dapat mengembangkan kinerja maksimum. Sedangkan Prokrastinasi akademik adalah kegagalan siswa dalam melakukan tugas akademik yang berbentuk kecenderungan bertindak untuk menunda dimulainya tugas atau menyelesaikan tugas yang menghambat kinerja. Objek penelitian adalah mahasiswa semester empat Universitas Wisnuwardhana Malang yang berjumlah 85 orang. Data untuk penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala soft skills dan skala prokrastinasi. Data dianalisis menggunakan SPSS 22 dengan analisis regresi dan teknik analisis korelasi parsial. Hipotesis dalam penelitian ini menyatakan ada korelasi antara soft skill dengan prokrastinasi sehingga semakin tinggi kemampuan soft skill, maka semakin rendah prokrastinasi siswa.Kata Kunci: Soft Skill, Prokrastinasi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

psikovidya

Publisher

Subject

Humanities

Description

PSIKOVIDYA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang. Psikovidya terbit dua kali setahun dengan P-ISSN: 0853-8050, E-ISSN: 2502-6925. Psikovidya merupakan publikasi ilmiah resmi yang menerbitkan tulisan hasil penelitian yang mencakup berbagai bidang ...