Kappa Journal
Vol 1, No 1 (2017): Kappa Journal

Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA - Fisika Siswa

Hizbi, Tsamarul ( Universitas Hamzanwadi)
Wajdi, Badrul ( Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode concept map dan mind map, 2) Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar, 3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan dengan metode mind map, 4) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah lebih rendah dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan dengan metode mind map. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan treatment by level design. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji variansi dua jalur. Hasil uji menunjukkan bahwa; 1) Tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode concept map dan mind map, 2) Ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar, 3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan dengan metode mind map, 4) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah tidak lebih rendah dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan  dengan metode mind map.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...