JURNAL TAHURI
Vol 15 No 2 (2018): Jurnal Tahuri

KORRELATION ZWISCHEN DER LERNGEWOHNHEITEN UND DEM KREATIVEN DENKEN ZU DER SCHREIBFERTIGKEIT DER DEUTSCHSTUDIERENDEN AN DER PATTIMURA UNIVERSITÓ’T

June Carmen Noya Van Delzen (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara kebiasaan belajar dengan kemampuan menulis mahasiswa, (2) hubungan antara berpikir kreativ dengankemampuan menulis mahasiswa, (3) hubungan antara kebiasaan belajar dan berpikir kreativ terhadap kemampuan menulis mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon. Metode penelitian ini adalah kuantitatif tipe korelasional dengan populasi penelitian adalah mahasiswa bahasa Jerman yang mengambil mata kuliah Schreibfertigkeit II sebanyak 45 orang, sementara sampel berjumlah 23 orang dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket dengan skala likert. Sebelum digunakan instrumen-instrumen tersebut divalidasi dan diuji cobakan untuk menentukan validitas isi maupun keterbacaan instrument serta mennetukan validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi sederhana dan korelasi parsial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa kebiasaan belajar, berpikir kreativ dan kemampuan menulis mahasiswa dapat dikategorikan baik. Sementara berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan kemampuan menulis mahasiswa, dengan koefisien korelasi sebesar 𝑟x1y = 0.98 > 𝑟𝑡ab = 0. 413 dan taraf signifikan α = 0.05, 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara berpikir kreativ dengan kemampuan menulis mahasiswa, dengan koefisien korelasi 𝑟x2y = 0.98 > 𝑟𝑡ab = 0. 413 dan taraf signifikan α = 0.05, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan berpikir kreativ terhadap kemampuan menulis mahasiswa dengan koefisien korelasi 𝑟x1x2y = 0.99 > 𝑟𝑡ab = 0. 413 dan taraf signifikan α = 0.05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa baik kebiasaan belajar mahasiswa maupun berpikir kreativ memiliki kontribusi positif terhadap kemampuan menulis mahasiswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tahuri

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal "Tahuri" diambil dari nama salah satu media adat di Maluku yang menggunakan "bia terompet" (triton = nama latin) untuk memanggil atau menginformasikan sesuatu berita dari pemangku adat atau pemerintah desa kepada masyarakat dalam hubungannya dengan kegiatan desa (kegiatan-kegiatan penting ...