Penelitian yang merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis bahasa Jerman bagi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas X SMA Negeri 2 Salahutu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Dengan menempuh 3 (tiga) siklus penerapan model pembelajaran Discovery Learning, akhirnya diperoleh peningkatan hasil belajar dalam kemampuan membaca dan menulis bahasa Jerman. Sebagai bukti tingkat keberanian siswa mengemukakan pendapat meningkat menjadi 85%, sebelumnya pada siklus 1 hanya 37%., dan 70.% sikulus 2. Tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat dari 42% pada sikulus 1, 70 % siklus 2 menjadi 85%, dan tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas saat proses pembelajaran meningkat dari 40% pada siklus 1, dan pada siklus 2 =73 % menjadi 85%. Data hasil analisis data menunjukkan bahwa pada tes terakhir hanya 1 siswa yang belum mencapai KKM sedangkan semua siswa yang lain sudah mencapai KKM
Copyrights © 2018