JURNAL MAHAJANA INFORMASI
Vol 3 No 2 (2018): JURNAL MAHAJANA INFORMASI

ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM PENINGKATAN PELANGGAN HOTEL

Damanik, Burhanuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2019

Abstract

Tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat menyebabkan banyak perusahaan yang kemudian tidak lagi memfokuskan aktivitas pemasaran mereka semata-mata pada pencarian pembeli baru, namun sudah lebih kepada usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan lama. Customer Relationship Management merupakan salah satu strategi dalam bidang pemasaran yang saat ini semakin banyak diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Penerapan Customer Relationship Management banyak diterapkan pada perusahaan maskapai penerbangan, hotel, sampai perusahaan yang bergerak dalam bisnis Super Market dengan program kepemilikan membership card. Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan konsep CRM yang mendukung layanan terhadap pelanggan, sehingga perusahaan mampu mendapatkan pelanggan baru dan memanfaatkan informasi pelanggan guna meningkatkan nilai transaksi dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Hasil yang dicapai adalah perancangan Customer Touching Application yang merupakan suatu aplikasi penyedia dan pengelola informasi yang dapat digunakan oleh pelanggan dalam memenuhi kebutuhan akan informasi secara cepat. Dari penerapan aplikasi diharapkan perusahaan dapat lebih menghargai pelanggannya sehingga hubungan baik dapat tercipta, yang akhirnya membawa keuntungan bagi perusahaan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

7

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual bidang teknik informatika, ilmu komputer dan sistem informasi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...