JURNAL AKUNTANSI
Volume 13, Nomor 1, Januari-Juni 2018

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2006 – 2015)

R. Neneng Rina Andriani (Universitas Siliwangi)
Nisa Noor Wahid (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Kemandirian Keuangan Daerah pada Pemerintah Kota Tasikmalaya, (2) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah secara parsial terhadap Kemandirian Keuangan Daerah, (3) Pengaruh Dana Perimbangan secara parsial terhadap Kemandirian Keuangan Daerah, (4) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan secara simultan terhadap Kemandirian Keuangan Daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan mengunakan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa: (1) Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Kemandirian Keuangan Daerah pada Pemerintah Kota Tasikmalaya mengalami fluktuasi, (2) Pendapatan Asli Daerah berpengaruh signifikan terhadap Kemandirian Keuangan Daerah, (3) Dana Perimbangan berpengaruh signifikan terhadap Kemandirian Keuangan Daerah, (4) Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kemandirian Keuangan Daerah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Akuntansi merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Akuntansi meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas), serta ...