ALGORITMA Journal of Mathematics Education
Vol 1, No 1 (2019): ALGORITMA Journal of Mathematics Education

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)

Catur Budi Pangestu (Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Kadir Kadir (Jurusan Pendidikan Matematika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian dilakukan di SDN Ciputat VI pada kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Post Test Only. Hasil belajar matematika siswa diukur dengan menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (thitungĀ = 7,49 dan ttabelĀ = 1,67). Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dibanding model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

algoritma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME) adalah jurnal peer-review pendidikan matematika yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. AJME mempublikasikan naskah-naskah ilmiah bidang pendidikan matematika secara berkala, yaitu 2 kali ...