Tujuannya penelitian ini yakni untuk menganalisis kontribusi implementasi pengelolaan sarana dan komunikasi organisasi baik secara parsial maupun simultan terhadap mutu pelayanan pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode survey-deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sudah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Baik secara parsial maupun simultan implementasi pengelolaan sarana dan komunikasi organisasi memberikan kontribusi positif terhadap mutu pelayanan pendidikan. Bertolak dari hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan: (1) Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap peserta didik, agar kelengkapan sarana yang ada dioptimalkan kuantitas dan pemeliharaannya; (2) Pihak sekolah sebaiknya mengakomodir keluhan, saran, dan aspirasi masyarakat, agar pelayanan pada masyarakat makin meningkat, terutama yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan; (3) Selalu menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan orang tua peserta didik dalam upaya secara bersama mendorong peningkatan mutu pelayanan pendidikan.
Copyrights © 2018