ABSTRAKSI Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi yang sedemikian pesat, menyebabkan berubahnya berbagai kebutuhan SDM di berbagai bidang keilmuan, termasuk di dalamnya pengembangan program studi di perguruan tinggi. Pada saat suatu program studi mengembangkan tujuan pembelajaran yang merupakan titik akhir proses, didasarkan pada standar isi, maka prodi tersebut akan cepat tertinggal oleh pasar kerja. Hal ini disebabkan bahwa peran SDM di suatu perkerjaan pun mengalami perubahan, teknologi dan cara pengerjaannya mengalami perubahan yang sangat drastis. Hal inilah yang memperpanjang kesenjangan antara penyedia SDM dalam hal ini perguruan tinggi dengan pasar kerja yang memerlukan SDM. Untuk menyiapkan SDM yang profesional dan dapat diserap oleh dunia kerja dibutuhkan pengembangan kurikulum yang dinamis dan kekinian, dengan tidak menyimpang dari tujuan pendidikan itu sendiri yaitu dalam rangka memanusiakan manusia yang diwujudkan dalam pendidikan sepanjang hayat (long live education). Salah satu pengembangan kurikulum yang dapat dilakukan diperguruan tinggi adalah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, yaitu suatu konsep kurikulum yang menekankan pada aspek pengembangan kemampuan kompetensi tugas-tugas dengan standar tertentu sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta kuliah berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi antara lain pengetahuan, kemampuan, sikap dan minat peserta kuliah agar dapat melakukan sesuatu dalam bentuk kemahiran dalam belajar dengan penuh tanggung jawab. Kata Kunci : Model, Pembelajaran, KKNI
Copyrights © 2017