ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya media pembelajaran yang menarik sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan minat belajar peserta didik yaitu salah satunya dengan menggunakan media animasi pendidikan guna menunjang atau meningkatkan hasil belajar peserta didik serta dapat memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penggunaan media animasi yang dilakukan pendidik dalam proses pembelajaran IPS, dengan melalui materi IPS sejarah perjuangan Bangsa Indonesia diharapkan dapat mengimplementasikan nilai karakter dan nasionalisme kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian guru mata pelajaran IPS dalam proses pembelajaran menggunakan media animasi pada materi sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada pendidikan karakter siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan media animasi sejarah perjuangan bangsa Indonesia dapat di diterapkan dalam pembelajaran di kelas terbukti dengan proses perencanaan dan tindak lanjut yang dilakukan guru mata pelajaran IPS kepada siswa. 2) penerapan karakter melalui materi sejarah perjuangan bangsa Indonesia terbukti dengan fakta-fakta siswa mempunyai jiwa nasionalisme, rasa tanggung jawab, menghargai hak orang lain, gotong royong. Sehingga mampu menghasilkan siswa yang kreatif, berguna bagi nusa dan bangsa, menghargai jasa-jasa pahlawan. 3) Faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan karakter ada faktor intern dan ekstern yang akan menjadi pendorong atau penghambat dalam membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci: Media Belajar, Perjuangan Bangsa, Karakter Siswa
Copyrights © 2019