Kualitas merupakan tujuan dan sekaligus harapan bagi semua pihak yangmendambakan kemajuan dan keberhasilan. TQM merupakan salah satu bentuk upayapencapaian kualitas. Dengan penerapan TQM pada sebuah perguruan tinggi diharapkankiranya dapat membangun sebuah system perguruan tinggi yang mampu menampilkansikap open manajemen dalam berbagai diminesi. Sehingga kepuasan yang menjadi ukurandan harapan semua stakeholder yang ada dapat terwujud dengan sebaik-baiknya.Kehadiran TQM pada perguruan tinggi berdampak pada perubahan manajemenkonvensional. Dalam hal ini ada enam tantangan pokok yang perlu dikaji dan dikelolasecara strategik dalam rangka menerapkan konsep TQM dalam perguruan tinggi.Pertama, berkenaan dengan kualitas. Kedua, berfokus pada pelanggan. Ketiga,kepemimpinan. Keempat, perbaikan berkesinambungan. Kelima, manajemen SDM.Keenam, menajemen berdasarkan fakta.Dalam konteks TQM, penilaian atau evaluasi befungsi untuk mengetahui seberapajauh tingkat kualitas yang telah dicapai oleh sebuah perguruan tinggi. Namun demikian,pada saat ini biasanya diproyeksikan oleh sebuah Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT.
Copyrights © 2012