ABSTRAK Penelitianini di latarbelakangidiketahui bahwa pada mata pelajaran Sosiologi telah dilakukan pemberian refleksi oleh guru berupa pemberian tugas individual siswa. Selain itu juga tugas individual yang dikumpulkan kemudian telah diberi feedback oleh guru. Namun demikian pada kenyataannya meskipun guru sudah memberikan respon yang baik terhadap tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa, tetapi dalam realita disinyalir bahwa masih saja ditemukan beberapa permasalahan, diantaranya yaitu siswa diindikasikan kurang termotivasi dalam belajar, prestasi siswa yang cenderung masih rendah bahkan tugas-tugas yang dibuatnya cenderung kurang berkualitas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberian refleksi tugas individual siswa pada mata pelajaran sosiologi, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan dilakukannya refleksi tugas individual siswa pada mata pelajaran sosiologi dan mengetahui pengaruh pemberian refleksi tugas individual siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi di Madrasah Aliyah Putri PUI Kabupaten Majalengka.Tugas individual yang diberikan berupa tugas menyelesaikan soal, membuat rangkuman, membuat makalah dan lain-lain. Setelah diberikannya tugas-tugas tersebut guru melakukan refleksi terhadap tugas yang diberikan dengan kata lain memberikan feedback dengan tujuan untuk memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa.Cara pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif regresional dengan teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes yang didapatkan dari guru sosiologi.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, linearitas, korelasi, regresi, dan koefisien determinasi.Berdasarkan hasil uji regresi dengan nilai signifikasi 0,01 lebih kecil dari 0,05. Serta dilihat dari hasil uji koefisien determinasi, pemberian refleksi tugas individual siswa memberi kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 75,3% dan sisanya sebesar 24,7% ditentukan oleh faktor-faktor yang lain. Adapun dari hasil uji t diperoleh ��ℎ????��????????(3.913) lebih besar dari �������???? (2.602) maka Ho ditolak, artinya bahwa terdapatpengaruh antara pemberian refleksi tugas individual siswa terhadap hasil belajarpada mata pelajaran sosiologi di MA Putri PUI Kabupaten Majalengka. Kata kunci: Refleksi, Tugas, Hasil Belajar
Copyrights © 2018