Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi
Vol 9 No 1 (2014): Edisi : Januari - Juni 2014

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO GROSIR DAN ECERAN MAKANAN RINGAN IBU SAPIAH DI PASAR KUE PLERED KABUPATEN CIREBON

Ali Jufri (Unknown)
Rizcky Nugraha Taher (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan harga baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada toko grosir dan eceran makanan ringan Ibu Sapiah. Populasi dalam penelitian ini tidak terbatas yaitu seluruh konsumen yang berbelanja di lokasi pasar kue Plered Kabupaten Cirebon. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100 orang responden yaitu pelanggan pada toko grosir dan eceran makanan ringan Ibu Sapiah yang berpendidikan minimal SD. Teknik pengumpulan data menggunakan dua jenis data yaitu data primer dengan metode kuesioner, melakukan observasi dan data sekunder dengan melakukan studi kepustakaan. Adapun pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan pengujian asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t dan uji f. Dari hasil pengujian secara parsial diperoleh hasil thitung > ttabel (7,637;3,425 > 1,661 ) sehingga menolak Ho dan menerima Ha, artinya bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada toko grosir dan eceran makanan ringan Ibu Sapiah. Variabel kualitas pelayanan memiliki nilai Beta sebesar 0,262 atau 26,2 persen dan variabel harga memiliki nilai Beta sebesar 0,584 atau 58,4 persen, sehingga terlihat bahwa variabel harga memliki pengaruh terbesar yaitu 58,4 persen. Sedangkan dari hasil pengujian secara bersama-sama diperoleh hasil Fhitung > Ftabel (37,502 > 2,47) sehingga menolak H0 dan menerima Ha, artinya secara bersama-sama variabel kualiats pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada toko grosir dan eceran makanan ringan Ibu Sapiah. Adapun jika melihat nilai Adjusted R Square besarnya pengaruh kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada toko grosir dan eceran makanan ringan sebesar 42,4 persen dan sisanya 57,6 persen dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Pelanggan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

VL

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi Jurnal ini berisi tentang penelitian di ranah manajemen, sumber daya manusia, bisnis, marketing, dan ...