TeknoIS : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains
Vol 8, No 1 (2018): MEI

Pemilihan Titik Strategis untuk Pemasangan Reklame Produk Rokok di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP)

Lis Utari (STIKOM Binaniaga)
Bobby Syawal Aprilian (STIKOM Binaniaga)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2019

Abstract

Penyelenggaraan reklame suatu daerah diatur oleh peraturan daerah. Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 6 Tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Reklame; Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 25 Tahun 2011 tentang Pajak Reklame; Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 7 Tahun 2013 tentang Nilai Jual Objek Pajak Reklame dan Nilai Strategis Lokasi Reklame; menjelaskan tentang area pemasangan Reklame. Reklame Produk Rokok merupakan salah satu Penghasilan Daerah yang memiliki nilai tinggi, namun berbenturan dengan Peraturan Bupati Kabupaten Bogor tentang Pengaturan Kawasan Tanpa Rokok Pasal 7. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan Titik Strategis Pemasangan Reklame Produk Rokok di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang sesuai dengan Peraturan Perbup KTR yang berlaku menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP). Jumlah Kriteria yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 4 Kriteria, diantaranya yaitu Lokasi, Nilai Jual Lokasi, Ukuran Reklame dan Jarak dengan Utilitas Umum. Selain itu penelitian ini menggunakan 6 alternatif yaitu Sukahati, Pabuaran, Pakansari, Mayor Oking, Cirimekar, dan Nanggewer. Hasil perhitungan menggunakan Metode FAHP ini menghasilkan Mayor Oking di ranking pertama dengan nilai 0.2110. Kemudian Kriteria dan alternatif di uji konsistensi rasionya dengan hasil CR < 0.1 yang menyatakan datanya sudah konsisten.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JBS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering

Description

TEKNOIS : Jurnal Ilmiah Teknologi - Informasi & Sains Publish by the STIKOM Binaniaga. TeknoIS published twice a year, in May and November. TeknoIS includes Research in the field of Information Technology, Information System, Computer Science and Other. Editors invite research lecturers the ...