TeknoIS : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains
Vol 6, No 1 (2016): MEI

Penerapan Fuzzy C-Means Clustering Untuk Mengoptimalkan Penentuan Media Promosi

R Joko Sarjanako (STIKOM Binaniaga)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2019

Abstract

Media promosi merupakan salah satu  faktor penting dalam pemasaran suatu perguruan tinggi untuk menarik minat calon mahasiswa agar melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. Pemerataan pendistribusian media promosi pada STIKOM Binaniaga yang sama ke semua sekolah menengah atas dan pada semua program studi membuat kurang efektifnya promosi. Pengelompokkan data mahasiswa berdasarkan kriteria asal sekolah, jurusan dan daerah asal mahasiswa dapat membantu dalam mengoptimalkan penentuan media promosi. Metode yang bisa digunakan dalam mengelompokkan mahasiswa ini adalah Fuzzy C-Means Clustering. Metode Fuzzy C-Means Clustering berusaha mengelompokkan data yang ada kedalam beberapa kelompok, dimana dalam penelitian ini data mahasiswa dikelompokkan menjadi 3 cluster. Cluster yang pertama  menghasilkan sebanyak 42,006 % dari seluruh total mahasiswa sedangkan cluster kedua menghasilkan sebanyak 33,229% dari seluruh total mahasiswa dan cluster ketiga menghasilkan  24,764 % dari seluruh total mahasiswa. Dari ketiga cluster tersebut kemudian dihitung nilai validitas internalnya menggunakan Dunn Index, dunn index  menghitung validitas cluster menggunakan diameter cluster (kohesi) dan jarak antara dua cluster (separasi) dimana pada penelitian kali ini nilai DI sebesar 8.6674. Nilai DI yang semakin besar menandakan hasil clustering yang semakin baik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JBS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering

Description

TEKNOIS : Jurnal Ilmiah Teknologi - Informasi & Sains Publish by the STIKOM Binaniaga. TeknoIS published twice a year, in May and November. TeknoIS includes Research in the field of Information Technology, Information System, Computer Science and Other. Editors invite research lecturers the ...