Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia
Vol 11 No 01 (2016): JEBI

PENGARUH BIAYA DIRECT MARKETING, BIAYA PERSONAL SELLING, DAN BIAYA PEMBERIAN DISKON TERHADAP NILAI PENJUALAN PADA PT. TRIJAYA MAKMUR CEMERLANG

Rapani, Alaidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2016

Abstract

 Penelitian ini berjudul Pengaruh Biaya Direct Marketing, Biaya Personal Selling, dan Biaya Pemberian Diskon terhadap Nilai Penjualan pada PT. Trijaya Makmur Cemerlang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya direct marketing, biaya personal selling, dan biaya pemberian diskon terhadap nilai penjualan. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data laporan keuangan PT. Trijaya Makmur Cemerlang dari tahun 2010 sampai dengan 2013. Alat analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian ditemukan hasil bahwa secara parsial maupun simultan biaya direct marketing, biaya personal selling, dan biaya pemberian diskon berpengaruh signifikan terhadap nilai penjualan. Implementasi direct marketing pada PT. Trijaya Makmur Cemerlang dilakukan dengan mail order. Sedangkan implementasi personal selling dilakukan dengan kegiatan telephone selling dan direct selling. Sementara itu, pemberian diskon dilakukan hanya pada waktu-waktu tertentu, terutama pada saat mengikuti tender. Dari hasil perhitungan korelasi berganda diperoleh kesimpulan bahwa antara variabel independent (Biaya Direct Marketing, Biaya Personal Selling, dan Biaya Pemberian Diskon) serta variabel dependent (Nilai Penjualan) terdapat hubungan yang sangat kuat. Hal itu didukung juga dengan hasil uji hipotesis menggunakan Uji t, yang memiliki kesimpulan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha, yang membuktikan bahwa benar-benar terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel independent dengan variabel dependent. Dari hasil perhitungan regresi berganda, terbukti juga bahwa pengaruh antara variabel independent serta variabel dependent adalah signifikan. Hal itu didukung juga dengan hasil nilai uji hipotesis dengan menggunakan Uji F, dimana terdapat kesimpulan ditolaknya H0, dengan demikian bahwa antara variabel variabel independent dengan variabel dependent terdapat pengaruh yang sangat signifikan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Jebi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JEBI (Journal Economics Business Indonesian). The International Journal published by Indonesian Business School. This journal focused on Economics, Business and Management studies. The Journal is published twice a year. The aim of the journal is to disseminate the Economics, Business and Management ...