Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia
Vol 14 No 01 (2019): jebi

Analisis Strategi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Terhadap Efektifitas Target Penerimaan PBB (studi Kasus Nagari Timbulun Kab. Sijunjung)

Yulistia, Yulistia (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2019

Abstract

Abstrak: Menurut Undang-Undang No 28 taun 2009 Pajak Bumi dan BangunanPedesaan danPerkotaan (PBB P2) merupakan salah satu pajak yang dikelola olehpemerintah daerah. NagariTimbulun yang berada di wilayah Kabupaten Sijunjung memiliki tunggakan pajak yang cukupbesar. Besarnya tunggakan pajak menjadi tantangan bagi pemerintahan Nagari Timbulun dalammengoptimalkan penerimaan. Penelitian ini mendeskripsikanmengenai kendala yang dialami olehpemerintahan Nagari Timbulun dalam penerapan penerimaan PBB. Penelitian ini menjelaskanmengenai strategi yang digunakan, serta mengetahui tingkat efektivitaspenerimaan PBB sebagaipajak daerah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan databerupawawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive. Teknisanalisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkanPemerintahan Nagari Timbulun mengalami kendala yang disebabkan tingkat pendidikanmasyarakat yang masih rendah, kemiskinan, ketidakpercayaan masyarakat dan kurang optimaldalam pelayanan. Hal ini juga dapat dilihat dari penerimaan PBB Nagari Timbulun dengan rangeratio 60-80 tergolong kurang efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Jebi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JEBI (Journal Economics Business Indonesian). The International Journal published by Indonesian Business School. This journal focused on Economics, Business and Management studies. The Journal is published twice a year. The aim of the journal is to disseminate the Economics, Business and Management ...