Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 1, No 02 (2018)

Representasi Perempuan dalam Aplikasi Bigo Live Streaming

Rella Swandari Hariwidiaswari (Magister Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jl. Hang Lekir 1 No. 8, Senayan, Jakarta - Indonesia)
Syafruddin Ritonga (Jurusan Ilmu Komunikasi Fisipol Universitas Medan Area Jl. Kolam No. 1, Medan Estate, Medan – Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini membahas representasi perempuan dalam mencapai kepuasan material dengan menggunakan aplikasi BIGO Live Streaming untuk mendapatkan gifts yang diberikan oleh sebagian penonton (spender) selama siaran dilakukan. Berbagai upaya dilakukan para penyiar perempuan untuk mendapatkan perhatian dari para spender dan dengan mudahnya memberikan gifts berupa beans yang dapat diuangkan dalam rupiah. Selain gifts yang dapat diuangkan, BIGO Live Streaming juga memberikan bonus-bonus rupiah kepada para penyiar dengan rating penonton dan juga pendapatan yang tertinggi setiap bulannya. Penelitian ini fokus pada pemegang akun, yakni penyiar perempuan berwajah cantik, memiliki tubuh yang seksi dan mengeksploitasinya demi popularitas, mengejar gaya hidup, mendapat keuntungan material, hingga keuntungan mendapatkan jaringan pertemanan yang luas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan teori representasi pada perempuan dan konsep komoditas perempuan dalam media baru. Aplikasi BIGO Live Streaming saat ini cenderung merepresentasikan perempuan menjadikan tubuhnya sebuah komoditas tontonan yang menghibur demi mendapatkan keuntungan-keuntungan tertentu. Namun, dalam perkembangannya ternyata terjadi praktik bisnis dengan keuntungan material yang besar dalam industri media baru tersebut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...