Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 1, No 02 (2018)

Komunitas adalah Pesan: Studi Netnografi Virtual di Situs Wisata TripAdvisor

Lidya Wati Evelina (Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Universitas Bina Nusantara Jl.KH Syahdan No. 9 Jakarta Barat 11480 - Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2018

Abstract

Di era  digital,  masyarakat lebih cenderung mengacu pada apa yang dikatakan oleh komunitas di internet dibanding dengan bertanya langsung dengan orang yang dikenalnya. Rating dan ulasan dipercaya dan menjadi acuan seperti halnya orang akan membaca rating dan ulasan destinasi wisata sebelum mereka melakukan kunjungan. Tujuan penelitian ini pertama menjelaskan netnografi pada komunitas virtual di TripAdvisor; kedua  menggambarkan kesan para traveler terhadap destinasi wisata di Palembang yang dapat  membantu perencanaan perjalanan bagi wisatawan lainnya. Literatur yang digunakan adalah menggabungkan Teori Interaksi sosial dan Teori CMC dan konsep komunitas virtual.  Penelitian ini menggunakan metode netnografi yang membahas teks pada situs TripAdvisor tentang Destinasi di Palembang. Dalam netnografi, pengumpulan data primer  pada observasi dari teks yang berupa rating, ulasan dan percakapan di TripAdvisor. Analisis data dengan melakukan pengelompokan data dan diurutkan dan menjelaskan data tersebut.Hasil yang dicapai adalah bahwa rating, ulasan ditulis berdasarkan pengalaman mereka saat itu yang bersifat sementara. Namun, ulasan dan percakapan di Forum TripAdvisor  akan memberi gambaran dan  keyakinan  pada   para traveler untuk mengambil keputusan dalam merencanakan perjalanan mereka ke destinasi tersebut. Inilah yang disebut dengan istilah Community is the message.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...