Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 2, No 2 (2019)

Uji Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk SMP

Rena Revita (Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SUSKA RIAU)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui nilai kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Ampek Angkek Sumatera Barat pada materi Teorema Pythagoras. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan perangkat ini adalah Model Pengembangan Plomp. Nilai akhir  uji kepraktisan pada penelitian ini diperoleh melalui intrumen berupa angket respon guru dan angket respon peserta didik sebagai pengguna pada uji lapangan dan dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh melalui angket respon guru dihasilkan nilai rata-rata kepraktisan yaitu 85,45% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan dari angket respon peserta didik dihasilkan nilai  rata-rata kepraktisan yaitu 87,14% dengan kategori sangat praktis. Setelah melalui beberapa proses dan berdasarkan kategori-kategori tersebut, maka perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing yang  dikembangkan memiliki kategori sangat praktis menurut guru dan peserta didik sebagai pengguna

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...