JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Vol 5, No 1 (2019): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARANIPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUKARAME KECAMATAN BALIK BUKIT

Agustiawan, Yudhi (Unknown)
Novaria, Novaria (Unknown)
Febrilia, Mega (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2019

Abstract

Pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 1 Sukarame berdasarkan dari hasil observasi ditemukan bahwa masih belum optimal karena guru kurang variatif dalam menggunakan metode sehingga mempengaruhi nilai atau hasil belajar siswa. Hal tersebut didukung dengan data bahwa hasil belajar rata-rata siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2016/2017 masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Dari uraian tersebut, penulis akan mengunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode Two Stay Two Stray. Dengan tujuan penelitian (1) meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS (3) meningkatkan hasil belajar IPS pada kelas IV. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan penelitian yakni pada siklus I dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan dari hasil refleksi tahapan penelitian siklus I peneliti membuat daftar permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran serta mengevaluasi proses dan hasil untuk digunakan sebagai perbaikan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif metode Two Stay Two Stray terbukti dapat meningkatkan (1) keterampilan guru dari 2,8 pada siklus I meningkat menjadi 3,3 dengan kategori sangat baik (2) meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran dari 2,85 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,22 dengan kategori sangat baik pada siklus II dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa dari 69% dengan kategori baik pada siklus II menjadi 82% dengan kategori sangat baik pada siklus II.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPGMI

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) eISSN 2580-1759; pISSN2477-1848 Journal is published by Research and Community Service Institution STIT Al Multazam. JPGMI aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum ...