JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Vol 3, No 1 (2017): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP PGRI 4 LABUHAN RATU

Rosyadi, Royan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2018

Abstract

Model cooperative learning adalah  mengerjakan sesuatu secara bersama-sama dengan saling membantu satu sama lainnya sebagai satu kelompok  atau satu tim. Tipe pembelajaran cooperative  dilaksanakan dengan cara siswa diberikan kesempatan untuk memulai belajar dengan memahami permasalahan terlebih dahulu kemudian terlibat secara aktif dalam diskusi kelompok, dan akhirnya menuliskan dengan bahasa sendiri dari hasil belajar yang diperoleh. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VIII semester genap SMP PGRI 4 Labuhan Ratu menemukan permasalahan yaitu: ‘‘ masih ada siswa yang belum tuntas hasil belajar IPS terpadu kelas VIII semester genap SMP PGRI 4 Labuhan Ratu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil belajar hasil belajar IPS terpadu  siswa kelas VIII semester genap SMP PGRI 4 Labuhan Ratu banyak yang belum tuntas. Dari permasalahan tersebut, maka penulis merumuskan masalah yaitu ‘‘ Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative lerning tipe Think Talk Write terhadap hasil belajar IPS tahun pelajaran 2016/2017’’ berdasarkan masalah dan rumusan masalah diatas, maka penulis mengangkat judul ‘‘ Pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas semester genap SMP PGRI 4 Labuhan Ratu’’. Dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Think Talk Write dalam peroses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Labuhan Ratu. Dimana siswa yang dinyatakan tuntas belajar dengan KKM > setelah diberikan treatment sebanyak 26 siswa atau 76,47% dan siswa yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 8 siswa atau 26,53 %, maka peroses belajar yang dilaksanakan dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPGMI

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) eISSN 2580-1759; pISSN2477-1848 Journal is published by Research and Community Service Institution STIT Al Multazam. JPGMI aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum ...