JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Vol 5, No 1 (2019): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)

ANALISIS SIKAP LINGKUNGAN HIDUP TERHADAP PERILAKU SISWA MENGENAI KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI SD MUHAMMADIYAH PRINGSEWU

Puastuti, Dwi (Unknown)
Kusnadi, Danang (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2019

Abstract

Pengetahuan lingkungan mempunyai peran penting dalam kaitannya dengan pengelolaan dan pelestarian lingkungan. Pemberian pengetahuan lingkungan sangat penting diberikan sejak dini yaitu dari mulai sekolah dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Karena pada siswa sekolah dasar sudah dibekali dengan pengetahuan lingkungan, diharapkan siswa memiliki sikap untuk meningkatkan peduli lingkungan termasuk hidup bersih dan sehat dilingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis sikap lingkungan hidup terhadap perilaku siswa mengenai kebersihan lingkungan di SD Muhammadiyah Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasional (correlational approach) yaitu mencari hubungan di antara variabel bebas dengan variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian ternyata sikap lingkungan hidup mempunyai hubungan dengan perilaku siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah di SD Muhammadiyah Pringsewu. Dalam penelitian ini terbukti bahwa sikap lingkungan hidup mendukung perilaku siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Pembentukan persepsi dan sikap yang positif dapat diperoleh dari keteladanan warga seklah terutama pendidik atau guru yang dalam kegiatan sehari-hari memberikan contoh kepada siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Dengan adanya keterpaduan antara persepsi dan sikap lingkungan hidup diharapkan tercipta perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang semakin berkualitas

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPGMI

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) eISSN 2580-1759; pISSN2477-1848 Journal is published by Research and Community Service Institution STIT Al Multazam. JPGMI aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum ...