JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Vol 4, No 1 (2018): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM LAMPUNG BARAT (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Bahasa Arab)

Saputra, Rendy Rinaldy (Unknown)
Laksono, Hendra (Unknown)
Rina, Helda (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Lampung Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi  guna melihat pengaruh antara satu variabel dengan variabel yang lain. Berdasarkan perhitungan antara indeks motivasi belajar dengan prestasi belajar menggunakan metode regresi linier sederhana diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Lampung Barat, hal ini dapat dilihat dari nilai R pada hasil tersebut 0,850 yang artinya variabel motivasi memiliki pengaruh yang kuat terhadap prestasi siswa. Sedangkan nilai KD yang diperoleh dalam perhitungan tersebut sebesar 85% yang dapat diartikan bahwa variabel motivasi memiliki kontribusi pengarih sebesar 75,3% terhadap variabel prestasi siswa sedangkan 13% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPGMI

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) eISSN 2580-1759; pISSN2477-1848 Journal is published by Research and Community Service Institution STIT Al Multazam. JPGMI aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum ...