JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Vol 2, No 1 (2016): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)

ANALISIS KEMAMPUAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA SD DALAM POKOK BAHASAN PECAHAN

Arnidha, Yunni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2017

Abstract

Pemahaman merupakam aspek yang sangat mendasar dalam belajar. Untuk memahami materi secara mendalam diperlukan peguasaan pengetahuan konseptual dan pengetahuan prosedural. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui tes dan wawancara. Untuk menjamin keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum ada siswa yang mampu mencapai semua indikator kemampuan pengetahuan konseptual dan prosedural. Dibuktikan dengan siswa hanya mampu memenuhi 2 indikator yang ditunjukkan siswa dengan cara menyatakan ulang sebuah konsep dan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep. Hal ini menunjukkan bahwa siswa masih belum mampu menguasai konsep-konsep yang berhubungan dengan pecahan, sehingga siswa belum mampu menyelesaikan soal pecahan dengan konsep yang baik dan tepat. Siswa juga hanya mampu memenuhi 2 indikator kemampuan prosedural. Kemampuan prosedural ditunjukkan dengan siswa mampu mencobakan sesuatu dalam kasus sederhana dan tahu bahwa sesuatu itu berlaku dalam kasus serupa dan dapat membuktikan kebenarannya. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang menekankan pada kemampuan konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan permasalahan matematika. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPGMI

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) eISSN 2580-1759; pISSN2477-1848 Journal is published by Research and Community Service Institution STIT Al Multazam. JPGMI aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum ...