Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1, No 5 (2019): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Teams Games Tournament Berbantuan Question Card terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA

Titik Jumiyatun (Universitas PGRI Semarang)
Sunandar Sunandar (Universitas PGRI Semarang)
Dhian Endahwuri (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Card, Teams Games Tournamentberbantuan Question Card, dan konvensional; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Cardlebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (3) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournamentberbantuan Question Cardlebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (4) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Cardlebih baik daripada model pembelajaran Teams Games Tournamentberbantuan Question Card; (5) ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Carddan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuanQuestion Card. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X. Melalui cluster random samplingterpilih sampel penelitian yaitu X MIPA 2sebagai kelas eksperimen 1, X MIPA 3sebagai kelas eksperimen 2, dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaranProblem Based Learningberbantuan Question Card,Teams Games Tournament berbantuan Question Card, dan konvensional; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Cardlebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (3) kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran Teams Games Tournamentberbantuan Question Cardlebih baik daripada model pembelajaran konvensional;(4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa pada model Pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Carddan Teams Games Tournamentberbantuan Question Card;(5) kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Carddan Teams Games Tournamentberbantuan Question Cardmencapai ketuntasan belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...