JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)
Vol 1, No 2 (2018): JPMI

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SUKASARI CIMAHI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

Aini Fatwa Rahma (IKIP Siliwangi)
Chandra Novtiar (IKIP Siliwangi)
Asep Ikin Sugandi (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2018

Abstract

Pembelajaran matematika di setiap tingkat pendidikan lebih berorientasi pada peningkatan kecerdasan siswa dibanding perkembangan kreativitas siswa. Bagi siswa terkadang hasil belajar lebih penting dibandingkan proses saat mereka belajar. Sehingga, siswa lebih mementingkan nilai daripada ilmu yang mereka dapatkan. Dalam pembelajaran matematika di MTs Negeri Sukasari Cimahi, mengenai materi SPLDV, siswa kelas VIII G merasa kesulitan dalam: 1) memahami informasi pada soal cerita SPLDV, dan 2) mengingat dan mengaplikasikan metode-metode penyelesain pada soal SPLDV. Pendekatan open-ended digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran agar terjadi peningkatan pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sebelum dimulai tindakan dilakukan tes awal kepada siswa, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan siklus I dan siklus II yang menggunakan pendekatan open-ended. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yaitu pada hasil tes awal tidak ada siswa yang nilainya melebihi KKM, pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 30,6%, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 47,2%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Negeri Sukasari Cimahi dapat ditingkatkan melalui pendekatan open-ended.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education on current science issues, namely: 1. Mathematics educator in elementary, secondary and high school level 2. Mathematics observers and researchers ...