JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
Vol 9, No 2 (2018)

ANALISIS BERITA TOKOH DAN PARTAI POLITIK ISLAM PADA ISU PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019

Darwis Sagita (Unknown)
Puspita Asri Praceka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Mengingat bahwa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden adalah momen politik nasional, maka geliat pemberitaan sudah dimulai dengan analisis atau manuver politik berbagai kalangan yang membahas tentang Calon Presiden dan Wakil Presiden. Pun termasuk di dalamnya tentang elemen tertentu yang coba dihubungkan dengan isu tersebut, seperti halnya tokoh dan Partai Islam. Peneliti mengamati bagaimana berita media massa (dalam hal ini media online) memberitakan Tokoh dan Partai Politik Islam pada isu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2019. Populasi atau objek dalam penelitian ini ádalah pemberitaan mengenai partai politik islam pada isu pemilihan presiden dan wakil presiden RI 2019 dengan priode terbit yang dibatasi pada tanggal 1 Mei – 30 Juni 2018 pada media online Mediaindonesia.com, Republika.co.id dan Kompas.com. Penelitian ini menggunakan analisis isi, dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa semua media online yang diteliti (republika.co.id, kompas.com dan mediaindonesia.com) memberikan perhatian paling banyak terhadap Ustadz Abdul Somad terkait isu tokoh Islam dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Dimana republika.co.id memberitakan dengan nada paling positif. Sedangkan terkait partai politik islam paling banyak diberitakan adalah PKS di semua media, hanya saja pada republika.co.id paling positif dan pada mediaindonesia.com paling negatif. Sementara kemunculan positif lainnya adalah pada PKB di mediaindonesia.com media. Kata kunci: berita pemilihan presiden, tokoh dan partai islam

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRKom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political ...